Home » Teknologi » 5 Tips Memilih Laptop Gaming untuk Gamer Pemula

5 Tips Memilih Laptop Gaming untuk Gamer Pemula

Kegiatan gaming memang gak pernah ada matinya. Sejak dulu, bahkan ketika teknologi belum secanggih saat ini, muncul tren game setiap tahunnya yang digemari oleh para gamer. Baik itu game yang dimainkan melalui konsol game, mobile, hingga laptop. Meski saat ini jumlah pemain pada perangkat mobile terus meningkat, gak terbantahkan kalau masih banyak pemain game yang belum bisa lepas dari perangkat laptop. Hal ini terjadi karena perangkat mobile dianggap punya keterbatasan pada ketersediaan aplikasi permainan di Play Store atau App Store. Begitu pula dengan console, game di Playstation 1 misalnya, gak bisa dimainkan di Playstation 2. Gak heran kalau laptop masih jadi idola bagi para gamer.

Kredit Laptop Online

Melihat minat masyarakat akan laptop gaming masih cukup besar, beberapa produsen laptop pun berlomba-lomba dalam memasarkan produk gaming terbaru mereka dengan performa maksimal untuk para gamers Indonesia. Buat kamu yang mau membeli laptop gaming baik secara tunai maupun kredit laptop, tentunya gak bisa sembarangan. Salah-salah memilih laptop bisa membuat kocekmu terbuang sia-sia karena pengalaman bermain game yang terganggu. Misalnya karena kamu memilih laptop dengan kualitas grafis kurang sedangkan game yang kamu mainkan mempunyai grafis tinggi.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum kredit laptop gaming, terutama untuk kamu yang baru terjun sebagai seorang gamer.

Prosesor

Sebelum memilih laptop, hal pertama yang harus diperhatikan pertama kali adalah bagian prosesor. Pilihlah prosesor Core i5 ke atas kalau prosesor laptopmu memakai prosesor Intel. Pilih juga prosesor dengan versi “M”, bukan versi “U” karena jenis “U” biasanya diperuntukkan kegiatan ringan saja. Tak kalah penting juga untuk memperhatikan kecepatan prosesor tersebut yang disebut dalam kesatuan GHz. Semakin tinggi angka GHz ini, maka semakin cepat pula kinerja tersebut.  Kalau kamu punya dana terbatas, laptop dengan prosesor Intel Core i5 generasi Skylake bisa jadi pilihanmu.

VGA

Kualitas grafis dari kartu grafis (VGA) juga harus diutamakan saat membeli laptop. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas dari VGA tersebut lah yang akan mempengaruhi tampilan dan kualitas gambar saat kamu bermain game, terutama untuk game dengan skala berat. Jika game yang kamu mainkan mempunyai grafis berat sedangkan kualitas grafis pada laptop kurang bagus, tampilan video game akan patah-patah. Sejauh ini terdapat dua vendor kartu grafis untuk pasar laptop gaming, yaitu nVidia GeForce dan AMD Radeon. Untuk bermain game berat, nVidia GeForce lebih disarankan.

Layar

Tampilan game tentunya akan mempengaruhi pengalaman bermain kamu. Bukan hanya mengandalkan kartu grafis, kualitas layar laptop juga akan berpengaruh. Sebisa mungkin pilihlah laptop dengan ukuran minimal 14 inch dan resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sempurna.

RAM

Sama seperti prosesor, peran RAM pada laptop gaming juga sama-sama penting. Selain mempercepat kerja game, RAM berfungsi untuk menyimpan grafis game yang sedang dimainkan. Untuk itu, pilihlah RAM dengan kapasitas minimal sebesar 4 GB, apalagi jika game yang biasa dimainkan adalah game berat. Perhatikan juga apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan untuk upgrade RAM atau tidak. Sebab ketika kamu mulai merasa bahwa RAM yang tertanam kurang memadai,  kamu bisa menambah lagi kapasitas RAM tersebut tanpa harus mengganti laptop.

Hardisk

Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Ketika kamu menyimpan permainanmu, ruang kosong pada hardisk lah yang akan terpakai. Sebelum kredit laptop, pilihlah hardisk dengan kapasitas besar, karena game yang dimainkan di laptop biasanya akan membutuhkan ruang yang sangat besar. Laptop dengan kapasitas hardisk 500 GB sudah cukup untuk menyimpan banyak data. Kalau bujetmu untuk kredit laptop cukup besar, kami bisa memilih laptop dengan hardisk SSD, yang mampu membuat game yang dimainkan akan terasa baik performanya.

Itu dia 5 tips yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli sebuah laptop gaming baik secara tunai atau kredit. Mengingat harga laptop gaming cukup menguras kocek, fasilitas kredit laptop online dari  bisa jadi solusi. Dengan fasilitas cicilan Kredivo, kamu gak perlu mengeluarkan dana dalam satu waktu sekaligus untuk memiliki laptop gaming impianmu. Kamu bisa mencicilnya dengan pilihan tenor 3 hingga 12 bulan, bunga yang dikenakan juga cuma 2,95% per bulan, paling rendah dibandingkan perusahaan multifinansial sejenis. Cara mendaftarnya pun serba online dan sangat mudah. Cukup download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, upload foto KTP, sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi, dan sambungkan akun internet banking. Kurang dari 24 jam, pengajuanmu bisa langsung disetujui. Dengan begitu, kamu bisa beli laptop gaming sekarang, dan bayar nanti di e-commerce kesayanganmu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*