Home » Hewan Peliharaan » Cara Merawat Kucing yang Benar Ketika Ia Demam Tinggi

Cara Merawat Kucing yang Benar Ketika Ia Demam Tinggi

Hewan peliharaan yang sakit pastinya membuat Anda seringkali kebingungan. Apalagi hewan peliharaan tersebut adalah kucing yang mengalami demam tinggi. Pastinya Anda kebingungan bagaimana untuk mengobati atau setidaknya merawat kucing tersebut agar bisa membaik. Tenang saja, ada cara merawat kucing yang benar ketika demam tinggi seperti berikut ini.

  1. Memberikan Air Putih yang Cukup

Cara Merawat Kucing Dengan Baik

Ketika demam menyerang maka hal yang paling mungkin terjadi pada si kucing adalah dehidrasi karena kekurangan cairan. Anda sebagai pemiliknya tidak boleh berdiam diri saja. Berikanlah air putih yang cukup pada kucing tersebut untuk mencegah dehidrasi pada kucing semakin parah. Selain itu pemberian air putih juga akan menjaga suhu kucing agar tidak semakin tinggi.

  1. Dinginkan Tubuh Kucing

Kucing yang mengalami demam tentu akan membuat suhu tubuhnya menjadi panas. Hal ini harus ditanggapi dengan mendinginkan tubuh si kucing itu sendiri. Proses pendinginan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membawa kucing di ruangan yang lebih sejuk, memberikan kipasan angin hingga memberikan bantalan es pada kucing yang sedang demam.

  1. Berikan Asupan Vitamin B

Demam akan membuat kucing Anda kehilangan banyak energi di dalam tubuhnya. Sesuatu yang akan membuatnya menjadi lemah dan tidak bertenaga. Masalah ini bisa diatasi dengan pemberian vitamin B yang cukup. Vitamin B ini sendiri bisa didapatkan dari berbagai makanan kucing yang diketahui memiliki kandungan bermanfaat tersebut.

  1. Tingkatkan Nafsu Makannya

Sakit tentu akan membuat kucing Anda mengalami nafsu makan yang menurun. Padahal apabila perut kucing tidak terisi maka kondisinya akan semakin memburuk. Hal tersebut disebabkan karena tubuh kucing tidak mendapatkan nutrisi. Anda sebagai pemiliknya harus pintar-pintar untuk meningkatkan nafsu makannya. Bisa dimulai dengan pemberian makanan favoritnya.

  1. Biarkan Kucing Beristirahat

Cara merawat kucing berikutnya agar demamnya cepat turun maka biarkan kucing Anda beristirahat. Salah satunya seperti memberikannya ruangan khusus agar bisa tidur tanpa ada gangguan dari apapun atau siapapun. Istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuh si kucing perlahan akan membaik. Demam juga bisa disebabkan karena kucing yang kelelahan.

  1. Berikan Obat Demam

Pemberian obat demam bisa dijadikan cara berikutnya. Perlu diingat bahwa pemberian obat demam juga harus memperhatikan berbagai hal. Salah satunya adalah pastikan bahwa obat demam tersebut aman diberikan untuk si kucing. Salah satu jenis obat demam yang aman untuk kucing adalah tolfenamic acid.

  1. Jangan Sampai Kucing Lain Menganggu

Kucing yang sedang mengalami demam tentunya menjadi tidak aktif. Hal ini seringkali membuat kucing lainnya tertarik untuk mendekati bahkan menyerangnya. Mengetahui hal ini Anda selaku pemiliknya harus menjaga kucing Anda dari gangguan kucing lainnya. Salah satunya dengan menempatkannya di ruangan yang sulit terjangkau kucing lain.

  1. Dokter Hewan

Cara terakhir sekaligus menjadi cara pamungkas ketika kucing Anda demam adalah dengan memeriksanya ke dokter hewan. Tentunya dokter hewan memiliki banyak pengetahuan yang lebih dari cukup untuk bisa mengatasi gejala demam yang dialami oleh si kucing. Pastikan bahwa dokter hewan tersebut adalah dokter yang anda percayai.

Cara merawat kucing dengan baik memang bukan perkara mudah apalagi apabila kucing tersebut sedang mengalami demam. Pencegahan memang bisa dijadikan pertahanan pertama anda terhadap kucing kesayangan. Contohnya dengan memberikan makanan kucing yang bergizi tinggi dan memiliki banyak asupan bermanfaat seperti yang dimiliki oleh Whiskas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*