Home » Uncategorized » Tips Mudah Mengecat Rumah Sendiri

Tips Mudah Mengecat Rumah Sendiri

Memiliki rumah impian di perumahan Cikarang sekarang tentu akan menjadi keinginan setiap orang. Mulai dari desain interior hingga eksterior rumah yang didesain sendiri tentu akan memiliki esensi khusus. Sehingga tiap area di sudut rumah menjadi begitu berharga. Desain rumah minimalis yang sedang menjadi idaman keluarga masa kini juga bisa menjadi salah satu inspirasi dalam mendesain rumah.  Mendesain rumah sendiri bisa dimulai dari yang paling sederhana. Seperti desain kamar tidur di dalam sebuah rumah. Mulai dari desain kamar tidur untuk anak atau orang dewasa. Bahkan, ada juga desain kamar tidur minimalis yang bisa menjadi inspirasi yang bisa diterapkan untuk rumah kamu. Apabila urusan untuk mendesain seperti desain rumah minimalis terlalu sulit untuk dilakukan kamu bisa mencoba alternatif lainnya seperti mengecat rumah sendiri.

Mengecat rumah sendiri ini bisa dilakukan dengan mudah. Persiapan yang dilakukan juga tidak banyak. Setidaknya ada dua tips dan serangkaian cara perawatan yang bisa kamu coba lakukan dalam mengecat rumah, seperti berikut ini tips mengecat rumah sendiri :

Tips Mencat Rumah Perumahan Cikarang

  • Tips Dalam Mempersiapkan Alat-alat Mengecat

Mengecat rumah sendiri tentu akan membutuhkan peralatan untuk mengecat. Dari serangkaian peralatan untuk mengecat, ada alat-alat yang harus kamu miliki apabila kamu berniat mengecat rumah sendiri. Peralatan ini pun bukan hanya peralatan sekali pakai lalu tidak bisa dipakai lagi dan dibuang. Berikut serangkaian alat – alat utama dan cara perawatan dan penggunaannya supaya bisa dimanfaaatkan lagi pada saat untuk proses pengecatan selanjutnya.

  • Kaleng Cat

Ada berbagai pilihan merk cat yang ada di pasaran. kamu bisa memilih jenis cat yang sesuai untuk keperluan mengecat. Seperti memilih cat yang mengandung water proof atau cat yang memiliki keunggulan lainnya yang bisa disesuaikan. Pilihan warna cat yang bisa dipilih juga banyak. Mulai dari warna yang gelap hingga yang terang. Sehingga, proses mengecat rumah ini bisa dilakukan dengan menyenangkan. Hal yang paling penting adalah ukuran kaleng cat yang kamu pilih ini sesuai dengan kebutuhan ruangan kamu.

  • Kuas Cat

Kuas yang digunakan untuk mengecat tembok rumah bisa memiliki ukuran yang bermacam – macam. Dan ukuran dari kuas yang dipilih ini bisa disesuaikan dengan area perumahan Cikarang yang akan dicat juga disesuaikan dengan tangan.

  • Bak Cat dan Roller

Bak cat dan roller ini adalah satu kesatuan. Apabila kamu tidak berencana menggunakan roller maka kamu tidak perlu bak cat dan juga sebaliknya.

  • Alas Seperti Terpal Atau Koran Bekas

Penggunaan alas seperti terpal dan koran bekas ini juga bisa digunakan berulang – ulang asal penyimpanannya dilakukan dengan benar. Terpal yang sudah dipakai perlu perlu dibersihkan sehingga bisa dipakai lagi nantinya.

  • Ampelas atau Sekrap Tangan

Ampelas ini dibutuhkan untuk membuat permukaan tembok yang akan dicat menjadi lebih halus sehingga mudah untuk diaplikasikan cat. Selain itu, adanya ampelas ini juga bisa membantu menghilangkan bagian tembok yang mengelupas.

  • Kain Dan Sarung Tangan

Keberadaan kain pada saat mengecat bisa untuk mengelap bagian tembok yang agak basah atau lembab. Kain ini juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian bawah keramik yang terkena tetesan cat yang terjatuh dari permukaan tembok. Sementara sarung tangan akan berfungsi sebagai pelindung.

  • Tangga Atau Kursi

Penggunaan tangga yang bisa dimanfaatkan untuk mengecat berbentuk seperti tangga yang bisa dipindahkan dengan mudah. Tangga ini akan membantu kamu dalam mengecat bagian yang tinggi seperti di atap rumah. Atau apabila tangga adalah benda yang tidak kamu miliki maka kamu bisa menggunakan kursi untuk menopang tubuh kamu pada saat mengecat.

Cara Perawatan : Cari dan gunakan tangga dan kursi yang memiliki daya yang kuat. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir kursi tersebut bergoyang atau tidak stabil. Simpanlah benda ini dengan baik dan pastikan tidak ada kerusakan pada kaki – kakinya apabila kamu ingin menggunakannya kembali.

Tips Untuk Mengecat Area Rumah

  • Area Dalam Rumah (Indoor)

Apabila ingin mengecat di area di dalam rumah seperti di area kamar misalnya. Maka, barang – barang atau furniture yang ada di dalam kamar perlu disingkirkan atau dipindahkan ke ruangan lain terlebih dahulu supaya tidak mengganggu proses pengecatan yang berlangsung. Bagian di dalam rumah yang sering digunakan ini biasanya memiliki perabotan yang perlu disimpan di ruangan lain dulu untuk sementara. Lain halnya apabila rumah kamu masih baru selesai di bangun sehingga belum banyak perabotan rumah tangga yang ada di dalam rumah.

  • Area Luar Rumah (Outdoor)

Area lainnya yang biasanya menjadi bagian yang dicat adalah bagian luar rumah. Bagian ini bisa jadi teras, halaman belakang atau area rumah yang serupa. Yang perlu diperhatikan pertama kali pada saat mengecat di luar rumah adalah cuaca. Pastikan cuaca pada saat mengecat tidak hujan. Karena, hal ini akan mengganggu proses mengecat tembok rumah. Apabila memang harus tetap mengecat di cuaca hujan. Maka. tutuplah bagian atas tembok pada area rumah perumahan Cikarang yang akan dicat. kamu bisa menggunakan terpal atau sejenisnya yang bisa menghalangi air hujan supaya tidak mengenai tembok yang akan dicat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*