Home » Bisnis » Reksadana Syariah, Investasi Halal dengan Berbagai Keuntungan

Reksadana Syariah, Investasi Halal dengan Berbagai Keuntungan

Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim. Indonesia pun seperti menjadi target pasar yang begitu potensial untuk produk-produk syariah. Hal ini dimulai dari tingginya animo masyarakat dengan munculnya perbankan syariah. Salah satunya terlihat dari semakin banyaknya produk investasi syariah. Inilah bukti jika minat masyarakat di Indonesia pada berbagai produk berbasis syariah mulai menjadi semakin tinggi. salah satu investasi yang syariah adalah reksadana Syariah Reksadana dengan sistem syariah ini keseluruhan proses memenuhi syarat halal. Ketika reksadana ini dikenal, muncullah beberapa istilah seperti masyarakat yang bertindak sebagai pemilik modal.

Dengan berkembangnya reksadana berjenis syariah ini dan semakin banyaknya keuntungan yang bisa diambil, mengulasnya akan menjadi hal yang menarik. untuk sebagian orang, apalagi mereka yang sudah mapan dalam hal ekonomi, melakukan investasi adalah sebuah rencana jangka panjang yang sangat tepat agar bisa menjaga aset. Berbagai macam investasi dapat diteliti lebih jauh termasuk kelemahan dan keunggulannya, tidak terkecuali reksadana. Keunggulan utama dari reksadana ini ialah tidak harus mempersiapkan dana besar untuk memulai investasi.

Beberapa keunggulan reksadana syariah tidak boleh Anda lewatkan, berikut beberapa keunggulannya, antara lain:

Reksadana Syariah Online

  • Mudah serta terjamin keamanannya. Sama seperti jenis reksadana yang lain, reksadana secara syariah ini juga dibeli dari Agen Penjual Reksadana. Besarnya dana untuk membeli reksadana ini ialah 100 ribu saja, menariknya reksadana secara syariah ini juga bisa dibeli online. Bukan hanya mudah dari segi cara mendapatkannya, reksadana ini aman. Karena sama dengan investasi reksadana konvensional, nantinya dana kita akan dikelola oleh manajer investasi yang memahami keamanan memutar dana,
  • Merasa masa depan Anda dalam hal keuangan. Investasi apa saja memiliki rentang waktu mulai dari berentang pendek hingga berentang panjang. Karena rentang yang tidak pendek, tak heran jika pertumbuhannya diandalkan untuk kebutuhan masa depan yang membutuhkan dana besar.

Jika reksadana secara syariah ini sudah diketahui mempunyai berbagai macam keuntungan, sudah pasti hal berikutnya yang harus Anda ketahui ialah cara memulainya. Jika waktu lalu investasi hanya bisa dilakukan oleh bos besar, sekarang tidak lagi demikian, reksadana memerlukan dana yang kecil, berkisar antara Rp 100 ribuan saja. Namun sebelum memulainya, lebih baik Anda mengetahui cara membedakan reksadana yang baik dan tidak.

Berikut beberapa ciri reksadana berbasis syariah yang aman, antara lain:

  • Tercantum di dalam bursa efek syariah. Tidak seperti reksadana konvensional, untuk syariah, dikeluarkan oleh OJK melalui Daftar Efek Syariah. Di dalam DES tercantum jenis dan nama perusahaan yang dapat memperjualbelikan reksadana, dengan cara ini pemasukan yang diterima bisa dipertanggungjawabkan,
  • Diawasi oleh DPS. Ciri reksadana berbasis syariah yang lain ialah adanya DPS. DPS ialah Dewan Pengawas Syariah. DPS ini adalah badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki tugas melakukan pengawasan berkaitan dengan berbagai hal sudah pasti menyangkut kehalalan dan hal lainnya.

Investasi mempunyai tujuan utama agar meningkatkan nilai aset yang kita punya. Reksadana syariah akan menjamin sepenuhnya nilai syariah yang halal dan aman, sudah pasti menguntungkan pula. Tetapi, potensi resiko adanya kerugian bisa saja terjadi karena tidak ada investasi yang akan bebas dari resiko. Beberapa resiko kerugian bisa muncul seperti adanya dampak perubahan politik dan sosial, pencairan yang terlambat. Hal ini harus dipahami agar Anda bisa lebih berhati-hati melakukan investasi. Oleh sebab itu pastikan tujuan investasi, jenisnya hingga banyak dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*